Saturday, April 23, 2011

Komponen Dasar Sistem Audio Mobil

Hiburan berupa musik, berita atau bahkan film, dihasilkan dari rangkaian perangkat audio yang terdapat di dalam sebuah mobil. Rangkaian perangkat ini dikenal dengan sebutan sistem audio mobil.
Apa saja alat atau perangkat yang terdapat disebuah sistem audio mobil?
Komponen Dasar Sistem Audio
  1. Car Head UnitHead unit merupakan inti dari sebuah sistem audio mobil, bagian dari sistem audio mobil yang berperan menghasilkan suara. Semakin berkembangnya teknologi membuat head unit sekarang tidak lagi hanya berfungsi sebagai penerima siaran radio FM/AM dan pemutar CD Player, sebagian memiliki fungsi tambahan untuk dapat memutar MP3. Ada juga  car head unit yang memiliki kemampuan untuk memutar DVD lengkap dengan monitor dan dapat dihubungkan dengan IPOD.
  2. Power Amplifier – Fungsi dari power amplifier adalah memperkuat sinyal yang keluar dari head unit. Di dalam dunia audio mobil berbagai jenis power amplifier dibagi menjadi beberapa kelas, seperti kelas A, B, AB, dan D. Masing-masing kelas power amplifier memiliki keunggulan yang dapat disesuaikan kegunaannya dengan kebutuhan kita dalam membangun sebuah sistem audio mobil. Di samping pembagian kelas, pembagian power amplifier dapat juga dilihat dari banyaknya kanal (channel) dan besarnya tenaga yang dihasilkan oleh power amplifier tersebut.
  3. Speaker – Merupakan perangkat yang berfungsi mengubah signal elektronik menjadi suara yang dapat didengar. Speaker dibagi menjadi beberapa bagian/komponen, yaitu ; subwoofer, woofers, mid-range, dan tweeter. Agar speaker dapat bekerja dengan baik, diperlukan rangkaian komponen elektronik yang berfungsi sbg filter(cross over).
  4. Prosessor -  Seiring kemajuan teknologi prosessor memainkan peranan cukup penting dalam sebuah sistem mobil. Di dalam sebuah prosessor terdapat fitur fitur seperti time correction, cross-over active, equalizer dll. Dengan adanya fungsi-fungsi maka akan sangat memudahkan pada saat ‘tuning’ sistem audioaudio mobil.

0 comments:

Post a Comment